Indoboardgames.com
 
It is currently Tue Jul 17, 2018 6:58 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 6 posts ] 
Author Message
 Post subject: [gameplay impression] Kickstarter's CHAOSMOS
PostPosted: Wed Feb 19, 2014 9:42 pm 
Offline
User avatar

Joined: Sat Apr 04, 2009 7:53 pm
Posts: 1071
Oke, pertama2, ini bukan full fledged review. Gue cuman ngebahas gameplay-nya aja dan itu juga dari satu session yang end-gamenya belom bener (gara2 ga ngerti cara kerja satu kartu doank..).

APA ITU CHAOSMOS?
Lengkapnya bisa dibaca di halaman KS-nya. Intinya sih Chaosmos itu game buatan dua orang amrik yang didevelop dan private playtest selama 3 tahun. Temanya scifi, tentang alam semesta yang mau berakhir. Player main sebagai ras alien yang balapan dengan waktu dan ras lain dalam mencari Ovoid. Gue ga ngerti apa itu Ovoid dan apa fungsinya. Menurut gue yang penggemar hard scifi, theme-nya ngga masuk akal sama sekali.

Yang namanya akhir alam semesta, secara teori kondisinya mirip2 kayak awal semesta kebentuk, sangat dense sekali. Gimana caranya mereka survive terbang kesana kesini nyariin Ovoid? Idup aja blom tentu bisa.

Terus apa yang ngebikin gue tertarik buat repot2 ngeprint dan ngetes gameplay-nya?
mari kita ikuti kisahnya...

KOMPONEN DAN KORELASINYA DENGAN GAMEPLAY

Chaosmos tipikal game ameritrash. Player punya Mini, tiap player dapet satu, yang dipake buat explore universe-nya dari planet ke planet nyariin Ovoid. Ada battle kalo ada dua player di satu planet yang sama.
Image
Image

Mekanik explorasi-nya menurut gue keren banget karena make ini:
Image
Itu amplop yang namanya sama dengan nama planet di game board. jadi kalo player uda mendarat di planet, player bisa ngebuka isi amplop itu. Player boleh ambil kartu didalemnya, naro kartu player kedalemnya, ato nuker. Yang jelas hand limitnya 7, tapi amplop ngga ada limitnya.

mekanik buat simulasi search action ini yang paling unik dan menarik dari gamenya. CHAOSMOS ngebikin mekanik menyebalkan dari LNoE (nyari kartu di deck) jadi seru. Tiap lokasi isi kartunya beda2, jadi player ngga bisa cuman diem di satu tempat dan search sampe mampus berharap hoki kartunya ada diatas deck. Luck tetep ada, namanya juga nyari harta karun, tapi seenggaknya player harus proaktif keliling map. Player punya motivasi buat muter2 nyariin sesuatu bukan karena gangguan dari luar, tapi karena memang harus muter2 buat nyari sampe ketemu.

Nah, kartunya ada berbagai macam tipe. Ada attack card biasa kayak di Cosmic Encounter, tapi juga ada card yang otomatis me-negate attack card tersebut. Lalu ada card boost lain kayak di game2 lainnya, cuman ada tiga tipe card yang menarik dan berkaitan erat dengan penggunaan amplop di gamenya: Trap, Vault, dan Base.
Image

TRAP - player bisa naro trap di planet2 buat player lain (ato kena sendiri misalnya lupa). Awalnya semua card yang ada di amplop itu face-down. Tapi kalo misalnya player ngebuka amplop, kartu paling pertama yang diliat ternyata TRAP, nah player harus resolve kartu tersebut sebelom bisa buka kartu lainnya.

VAULT - sama kayak trap, bedanya player harus punya kartu khusus, KEY, buat ngebuka vaultnya.

BASE - sama juga, bedanya player yang nemuin Base di amplop ngga boleh draw kartu lain sebelum ngancurin base tersebut.

Ketiga kartu ini ditujuannya buat ngelindungin kartu2 planet tertentu dari player lain. Ato buat ngejebak, ato buat apa tergantung strategi lo.

Image

Character Sheet. Nama aliennya aneh2, bentuknya apalagi. Tapi ada julukannya kayak The Collector, The Automaton, etc. Jadi bisa pake nama itu aja. Special power tiap karakter beda2, cara mainnya juga, tapi ngga terlalu beda banget. Ngga gitu asimetrik gamenya. Tiap race punya immunity terhadap sesuatu dan punya planet dimana dia toxic, yang artinya tanpa teknologi tertentu (card), dia ga bisa land di planet tertentu.

Character progession non existent. Gamenya tergolong pendek si, dan fokusnya bukan di character building, tapi di exploration, searching, hidden information, dan bluffing.

Image

Assorted token and dice. Player bisa make hyperspace dalam 1 game maksimal 3 kali. Hyperspace artinya gerak dari satu lokasi ke lokasi lain secara instant cuman makan 1 action. Oh iya, jadi player cuman punya 3 action point. Available actionnya:
- Move
- Land
- Attack
- Swap kartu di tangan dengan kartu face-up di game board)
- dan apa lagi ya? utamanya cuma Move ama Land sih.

Dadunya custom. 1 diganti jadi mirror. 6 diganti jadi 3. jadi 1 dadu ada 2 sampe 5 dan mirror. dipake cuman kalo combat, roll 2 dadu dan gede2an nomer sebelom make card. Makenya ala Munchkin, taro aja terus sampe selesai. Mirror itu maksudnya nomernya disamain ama dadu yang satunya. Double Mirror artinya auto-win regardless of opponent roll. Gimana kalo dua2nya roll double mirror? draw. Apa yang terjadi kalo draw, nothing happen.

Radioactive dan Base token kegunaannya spesifik terhadap suatu kartu.

Image

Landing party token, ngga tau gunanya buat apa. Di rulebook ngga ada! gue nanya di bgg blom ada yang jawab. Aneh bener...

ada satu komponen yang ga gua foto dan ga gua bikin: Clock Wheel. Bentuknya sih mirip kayak dial-nya CITOW dan REX, tapi digunain cuman buat turn order doank.

Komponen retailnya bisa diliat disini: https://s3.amazonaws.com/ksr/assets/001 ... 1391208975

FEEL OF THE GAME

Fun! Sesuai namanya, gamenya chaotic. Hal ini karena player keluarin masukin kartu ke amplop terus dan naro jebakan, vault, dan base dimana2. Pas maen, yang dapet Ovoid duluan entah dari awal ato dari amplop harus bisa pasang poker face dan berusaha survive sampe game end. Player yang belom punya Ovoid harus nebak2 siapa kira2 yang punya sembari nyari2. Juga harus managing hand, kira2 butuhnya apa aja. Punya kartu combat semua ga ada gunanya, punya kartu exploration semua juga ga ada gunanya.

Sense exploration dan searchingnya dapet banget karena mekanik pake amplopnya. Combatnya simpel dan tergantung hand management lo, selain juga luck. Game length-nya tergantung mau main short session ato apa, kemaren kita nyoba short dan ngga kerasa lama. Malah rasanya kecepetan.

Final word:

Gua sangat merekomendasikan game ini buat yang ngga puas dengan game2 exploration yang uda ada dipasaran


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: [gameplay impression] Kickstarter's CHAOSMOS
PostPosted: Thu Feb 20, 2014 11:35 pm 
Offline

Joined: Thu Jul 21, 2011 11:30 am
Posts: 294
racun nih, konsep explore nya bagus bener :hammer:

_________________
my collection : http://boardgamegeek.com/collection/user/veenickz


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: [gameplay impression] Kickstarter's CHAOSMOS
PostPosted: Fri Feb 21, 2014 12:32 am 
Offline
User avatar

Joined: Sat Apr 04, 2009 7:53 pm
Posts: 1071
@veenickz Yay ada yang baca! :D
dicoba aja bro. Gue ga nge-back KS-nya, tapi kalo keluar ntar kemungkinan besar sih mau beli, apalagi sekarang map-nya make hex, jadi bisa bikin custom map buat variasi.

Gue nggak banyak ngomong tentang card play-nya yaa, sebenernya selain exploration, fokus nomer dua dari Chaosmos itu di interaksi antar kartunya. Mekaniknya sih simpel2, tapi interaksinya ada banyak. Attack card itu ngga cuman sekedar angka, jadi walaupun angka-nya gede ada berbagai macam cara buat ngalahinnya. dan card2 lain yg non-combat juga variasi-nya macem2.

Update dari BGG ada yang ngasi tau apa gunanya Landing Markers:

Quote:
"As far as I know, to use the landing markers, you simply place your marker on each planet you take control of. If another player later takes control of that planet, you get your landing marker back and he puts his there.

These markers don't have any special game effects, but they help communicate important information to all the players about who has recently been where. When there is a landing marker on every planet, you know for certain that at least one player at the table has already discovered the Ovoid.

edit: [There is one important game effect. If you take control of a planet that is trapped, you don't place your landing token on the planet. However, if your landing token is already on the planet and you encounter the trap, you can ignore it. (Since the landing token indicates that you were the last one to control the planet, and therefore it must have been you who placed the trap.)"


Setau gue sih core gameplay-nya uda ngga berubah lagi deh. Ada tambahan wormhole2 segala yang di pnp ga ada, kalo dari namanya sih paling mekanik buat shortcut doank.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: [gameplay impression] Kickstarter's CHAOSMOS
PostPosted: Fri Feb 21, 2014 9:24 am 
Offline
User avatar

Joined: Sat Jun 19, 2010 10:42 pm
Posts: 650
yontory wrote:
@veenickz Yay ada yang baca! :D



:lol: kl yg baca mah byk kl bro, setau gw byk jg member ibg yg ngebaca semua yg di post di forum... cuma kebanyakan ya kaya gw, suka nya lurking doang, hehehe...


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: [gameplay impression] Kickstarter's CHAOSMOS
PostPosted: Fri Feb 21, 2014 12:51 pm 
Offline
Forum Staff
Forum Staff
User avatar

Joined: Wed Sep 24, 2008 5:41 pm
Posts: 3864
Location: SOC
Maksudnya baca disini bahas di Wa gt bro danu? Wakakaka...

_________________
SOLEX * Your Cheapest Boardgames Source.
Pre-Order : Open // Deadline : Soon // Source : CSI & Essen // Contact : Me!
Hot items : Essen 2013 Games, contact me for details.

Deadwood's BGG Profile


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: [gameplay impression] Kickstarter's CHAOSMOS
PostPosted: Sat Feb 22, 2014 11:09 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Oct 11, 2010 4:51 pm
Posts: 1403
Location: BSD, Serpong
gue sih baca cuman ga tau mau komen apa :lol:

kabur ah..

_________________
"Hate The Game, Don't Hate The Player"
BGG Profile | My Collection


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 6 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Jump to:  
cron
Powered by phpBB © 2000, 2002, 2005, 2007 phpBB Group
Template made by TBF Photoshop Forum