Indoboardgames.com
 
It is currently Thu Sep 20, 2018 6:09 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 34 posts ]  Go to page 1, 2, 3, 4  Next
Author Message
 Post subject: Re: CS12 - Sep 2012
PostPosted: Mon Aug 27, 2012 8:49 am 
Offline
Forum Staff
Forum Staff
User avatar

Joined: Wed Sep 24, 2008 9:52 am
Posts: 5244
Location: Jakarta
yontory wrote:
Zombicide batal. Ada satu keanehan di mekanik yang secara tematik gak masuk akal dan gua gak bisa menerima keanehan tersebut. Walaupun secara gameplay jadi seru sepertinya, tapi karena gamenya depends on theme, menurut gua ini fatal banget karena mengursak immersion.


bro rolan di share donk mekanik apa itu yang ga bisa lu terima? soalnya tiba2 mulai lirik2 ini game dan thinking about buying. pengen tau apakah yg lu bilang ga make sense itu bisa gua terima apa ga bisa juga.

_________________
MEMOIR '44ImageCHAMP
rbayu2 BGG profile | Best Buy Collection
.................................................
a proud owner of 29 Martin Wallace games


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: CS12 - Sep 2012
PostPosted: Mon Aug 27, 2012 11:58 am 
Offline
User avatar

Joined: Sat Apr 04, 2009 7:53 pm
Posts: 1071
rbayu2 wrote:
yontory wrote:
Zombicide batal. Ada satu keanehan di mekanik yang secara tematik gak masuk akal dan gua gak bisa menerima keanehan tersebut. Walaupun secara gameplay jadi seru sepertinya, tapi karena gamenya depends on theme, menurut gua ini fatal banget karena mengursak immersion.


bro rolan di share donk mekanik apa itu yang ga bisa lu terima? soalnya tiba2 mulai lirik2 ini game dan thinking about buying. pengen tau apakah yg lu bilang ga make sense itu bisa gua terima apa ga bisa juga.


TL:DR
- rubber band levelling (as you get stronger, zombie spawns more)
- killing zombies attract other zombies instead of noise. Thematically doesn't make sense.
- driving car has 50% chance of killing another player.

L:R
Mekanik Danger level. Dimana setiap abis bunuh sejumlah zombie tertentu satu player dapet skill baru, tapi berarti overall danger levelnya juga naik dan itu berarti zombie spawn yang lebih sulit juga. Maksudnya overall disini misalnya main berempat, cukup satu doank yang naek level buat danger levelnya naik. Jadi kalo ada satu player yang danger levelnya udah nyampe RED (dapet 3 skills) walaupun tiga orang sisanya masih di yellow (dapet 1 skill) berarti overall danger levelnya sama dengan red.

Artinya, tiga orang yang masih yellow bakal cepet modar tiap spawn zombie baru.

Menurut gua ini mekanik rubber band level yang sama ama yang diterapin Bethesda di Skyrim dan Oblivion atau yang dipake Squaresoft di Final Fantasy VIII. Tujuannya sih supaya ngebikin encounter tetep menantang. Di Zombicide, tujuannya ngebikin game-nya makin tense. Tapi ini juga ngebuat naik level jadi ngga rewarding dan pointless karena walaupun kita makin kuat, musuh yang sama yang kita lawan sebelum2nya juga makin kuat. Gua pribadi ga suka dihukum ama gamenya karena mainnya bagus. Gua lebih ga suka lagi dihukum jadi player yang masih lemah sendiri karena blom sempet bunuh zombie banyak2.

Ini juga ngebikin player nyari menang dari ngakalin mekanik, dengan cara jaga tempo jangan bunuh zombie banyak2 supaya ngga kecepetan naik level dan ngga zombie ngespawn kebanyakan (a lot of players on BGG do this). Bukannya dengan mikir strategi kita harus kemana, ngapain dulu, gimana bagi tugasnya, etc.

meta-strategy di game thematic itu ngerusak suspension of disbelief.

Thematically, this is how I see it:

Note that I think Zombicide theme is borrowed heavily from horror exploitation genre. Like George A. Romero's zombie romp, Sam Raimi's Evil Dead, and Quentin Tarantino/Robert Rodrigues' Grindhouse. more often than not the character are highly polarised. You have a badass everybody love, a supercoward everybody hate but stayed alive till the end, a just-surviving-please-help-me-and-I'll-help-a-little-bit supporting cast, a traitor everybody hate and hope he/she'll die, etc.

In Zombicide you can be a badass, but you'll die fast. You can be a supercoward, but you'll die even faster. You can't be the traitor though, the game just weren't made this way. So the players are all supporting casts. Not that fun in this genre, but okay, all characters in The Walking Dead are kinda like this. So we have to survive. but... how?

Don't kill zombies, or we'll all die. Unless you have to, or we'll all die.

In a zombie exploitation, where the main appeal is the various way zombies are being slaughtered. Killing zombies is not a viable way to survive? What kind of nonsense is that?!

Mekanik aneh lain yang ngga masuk akal secara tematik:
- Tiap lo nyetir mobil ada 50% chance buat lo nabrak player lain. WTF?! di Zombicide semua karakternya baru pada belajar nyetir!

disclaimer: belom main gamenya. cuman baca rulebook 2x, nonton video2nya dan browsing forum BGG dan /r/boardgames (yang awalnya gw lakuin buat nyari cara supaya bisa ignore keanehan ini, tapi malah makin yakin buat ga beli)


Last edited by yontory on Wed Aug 29, 2012 2:29 pm, edited 1 time in total.

Top
 Profile  
 
 Post subject: Zombicide
PostPosted: Mon Aug 27, 2012 1:23 pm 
Offline
Forum Staff
Forum Staff
User avatar

Joined: Wed Sep 24, 2008 9:52 am
Posts: 5244
Location: Jakarta
Thank you bro untuk penjelasannya yg sangat detail. gua pindahin aja deh ya jadinya soalnya bagus buat pembahasan lebih lanjut.

ok gua ngerti deh maksud lu dan rasa2nya gua masih bisa accept mekaniknya seperti itu. memang biasanya JPRG yg begitu, jadi level makin naik musuh otomatis makin challenging. hanya sayangnya ga bisa dibikin kayak mereka mekaniknya yaitu yang party member level2 cupu kalo ngikut yg level udah tinggi otomatis ketarik naek levelnya lebih cepet dari normal. maybe we can do a house rule on this hehe..

tapi coba dipikir2 lagi bro, bukannya yg asik itu kalo main game awalnya dari gampang trus menjadi susah? kalo misalkan ga dibikin seperti challenging gitu, berarti once character lu udah naek level makin lama makin gampang bunuh zombienya, kalo gua malah jadi takut anti klimatik, saat2 akhir game jadi udah ga berasa tense lagi karna udah terlalu gampang. sebagai contoh game laennya adalah Arkham Horror. awalnya lu lawan monster2 biasa, dan misalkan monster akhirnya bangun kita akan dihadapkan sama monster tersebut yang udah jelas2 lebih susah dari monster2 sebelumnya.

kalo dalam hal nyetir mobil wah gua baru tau tuh, agak males juga kalo begitu mah wkaka... yang gua denger2 dari review yg negatif sih karakter2nya ga begitu unique, ga ada perbedaan satu sama lainnya.

_________________
MEMOIR '44ImageCHAMP
rbayu2 BGG profile | Best Buy Collection
.................................................
a proud owner of 29 Martin Wallace games


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Zombicide
PostPosted: Mon Aug 27, 2012 1:30 pm 
Offline
User avatar

Joined: Fri Sep 26, 2008 8:14 am
Posts: 1417
BEEELIII RIIIIIICKKKKK!!!

Dari yang gue liat sih ini termasuk light trash-fest, fun first design.

_________________
My Gaming-related Blog
My Smallish Board Game Collection


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Zombicide
PostPosted: Mon Aug 27, 2012 1:37 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Sep 24, 2008 2:47 pm
Posts: 2100
Location: sukabumi
Sikat rickk....lagipula koleksi loe blm ada genre zombie nihh....

_________________
Don't buy or sell fake/pirated boardgames!!!

{|Profile| Collection|}


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Zombicide
PostPosted: Tue Aug 28, 2012 2:07 am 
Offline
User avatar

Joined: Sat Apr 04, 2009 7:53 pm
Posts: 1071
Quote:
tapi coba dipikir2 lagi bro, bukannya yg asik itu kalo main game awalnya dari gampang trus menjadi susah? kalo misalkan ga dibikin seperti challenging gitu, berarti once character lu udah naek level makin lama makin gampang bunuh zombienya, kalo gua malah jadi takut anti klimatik, saat2 akhir game jadi udah ga berasa tense lagi karna udah terlalu gampang. sebagai contoh game laennya adalah Arkham Horror. awalnya lu lawan monster2 biasa, dan misalkan monster akhirnya bangun kita akan dihadapkan sama monster tersebut yang udah jelas2 lebih susah dari monster2 sebelumnya.


Makanya gua nulisnya:

Quote:
Walaupun secara gameplay jadi seru sepertinya


Karena gua juga ngerasa increased difficulty ditengah2 gamenya bakal bikin gamenya makin tense dan challenging. Cuman yaa itu.. cara pengaplikasiannya gua ga suka. Ini lebih ke personal taste aja sih sebenernya. Secara tematik gua ga bisa nerima, secara mekanik gua juga ga suka.

anak2 BGG dan /r/boardgames sih mayoritas suka. Cuman ada 1 review yg negatif setau gw. Kebetulan juga yang paling populer diantara semuanya: http://boardgamegeek.com/thread/843543/ ... of-balance


Quote:
Sikat rickk....lagipula koleksi loe blm ada genre zombie nihh...


Kalo emang tujuannya pengen ngoleksi game zombie, kayaknya mendingan LNoE deh, ato nunggu Zpocalypse keluar.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Zombicide
PostPosted: Tue Aug 28, 2012 8:20 am 
Offline
Forum Staff
Forum Staff
User avatar

Joined: Wed Sep 24, 2008 9:52 am
Posts: 5244
Location: Jakarta
yontory wrote:
Quote:
Sikat rickk....lagipula koleksi loe blm ada genre zombie nihh...


Kalo emang tujuannya pengen ngoleksi game zombie, kayaknya mendingan LNoE deh, ato nunggu Zpocalypse keluar.



well buat gua plus pointnya zombicide dari LNOE ini karna bisa solo :D

zpocalypse juga masih dalam pantauan ketat.

_________________
MEMOIR '44ImageCHAMP
rbayu2 BGG profile | Best Buy Collection
.................................................
a proud owner of 29 Martin Wallace games


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Zombicide
PostPosted: Tue Aug 28, 2012 2:33 pm 
Offline
User avatar

Joined: Sat Apr 04, 2009 7:53 pm
Posts: 1071
iya kelemahan LNoE emang ga bisa maen solo. Gua juga mo ngebatasin game 1vsMany karena gw selalu kebagian jadi yang 1 mulu ga pernah yang many. Hal ini jadi berimbas ke game lain dimana gue sering dikeroyok rame2.. :|


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Zombicide
PostPosted: Wed Aug 29, 2012 2:25 pm 
Offline
User avatar

Joined: Sat Apr 04, 2009 7:53 pm
Posts: 1071
Update: putting this quote as TL:DR because I'm bad at expressing my thoughts through words.

Quote:
Killing zombies attracts more zombies? Why? Why doesn't noise attract more zombies? Do they have an undead, revenge-driven hive mind?


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Zombicide
PostPosted: Wed Aug 29, 2012 2:33 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Mar 22, 2011 5:06 pm
Posts: 4004
Location: DKI Jakarta
yontory wrote:
Update: putting this quote as TL:DR because I'm bad at expressing my thoughts through words.

Quote:
Killing zombies attracts more zombies? Why? Why doesn't noise attract more zombies? Do they have an undead, revenge-driven hive mind?


Somehow you scream while you killing zombies?! :siul:

_________________
"I am the Harbinger of Menoth, his vessel on Caen. Through me the creator speaks, and he has much to say."
- The Harbinger of Menoth to the Synod-
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BG Lineups | Wishlist
fortheloveofthegame


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 34 posts ]  Go to page 1, 2, 3, 4  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Jump to:  
cron
Powered by phpBB © 2000, 2002, 2005, 2007 phpBB Group
Template made by TBF Photoshop Forum