Indoboardgames.com
 
It is currently Tue Jul 17, 2018 1:31 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 14 posts ]  Go to page 1, 2  Next
Author Message
 Post subject: Legends of Andor
PostPosted: Sat Jan 26, 2013 5:56 pm 
Offline
User avatar

Joined: Fri Sep 26, 2008 8:14 am
Posts: 1417
Gue udah coba 3 games. Solo, 4 heroes. Challenging, tapi ga over difficult (I'm looking at you Ghost Stories!).

Menurut gue feeling adventurenya dapet banget karena rule nya ga terlalu ribet.

Tugas "rutinnya" mencegah monster masuk castle. Di sini gerakan monsternya predictable. Ada mekanisme lompat kodok, jadi kalo monsternya banyak mereka makin cepet sampe Castle. Yang gue suka banget di sini adalah gerakan monsternya predictable, dan Heroes bisa bikin strategi!

Tugas lainnya buka counter fog di tepi sungai. Menurut gue cukup unik dan tematik, jalan2 di pinggir sungai yang berkabut.

Boardnya *luar biasa*. Gambarnya sih jelas standar Menzel. Tapi gue yakin pembagian area-nya ini, pergerakan monster sampe angkanya... ini pasti gila2an.

Sistem battlenya simpel, tapi *jengjeng* magic, melee dan rangednya bisa beda dan kerasa banget! Melee roll dice dan pick highest. Archer roll 1 1, but must pick the latest. Jadi harus mikir kapan mau roll lagi, kapan harus berhenti. Magic roll cuma 1 die, tapi dia bisa flip die.

Banyak hal2 kecil yang menarik. Misalnya barang2 merchant yang fungsinya bener2 beda. Sistem skenario yang lucu. Ada NPC seperti farmers, witch dan the prince.

Anyway, gue rasa menzel berhasil melakukan hal yang luar biasa, capitalizing on the fact bahwa dia designer sekaligus artistnya. Yang paling jelas petanya. Cakep banget, imajinatif sekaligus fungsional. Game ini cardboard porn of the highest order :lol: Gue bener2 suka cara menzel memanfaatkan grafik seperti potion sama waterskin yang bisa half empty atau falcon yang bisa terbang jauh. Inventory screennya keren dan pas grafiknya.

Untuk saat ini mungkin sekitar 8.5 dengan kemungkinan naik.

Buat solo/co-op gamer yang suka fantasy, ini hampir pasti wajib. Jangan takut ga ada miniaturnya, Ser Menzel makes sure the game is extremely beautiful as it is.

Satu-satunya kekurangan cuma cara belajarnya yang pakai programmed game. May or may not works for you. Dan susah kalo kita mau cari rule spesifik.

_________________
My Gaming-related Blog
My Smallish Board Game Collection


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Legends of Andor
PostPosted: Sat Jan 26, 2013 6:58 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jun 30, 2011 4:18 pm
Posts: 1825
Location: Jogjakarta
ANjrootttttt manaa nih punya gwwwww pak posss

_________________
My collections


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Legends of Andor
PostPosted: Sun Jan 27, 2013 7:51 am 
Offline
User avatar

Joined: Fri Sep 26, 2008 8:14 am
Posts: 1417
Image
Legend 1.

Image
End of Legend 1. The wizard passed the package to the archer, who then with the help of the fighter and dwarf killed the Skarl. The bridge to the giant tree was swarmed by Gors so the archer had to circumvent the river around its spring.

_________________
My Gaming-related Blog
My Smallish Board Game Collection


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Legends of Andor
PostPosted: Sun Jan 27, 2013 10:34 am 
Offline
User avatar

Joined: Fri Sep 26, 2008 8:14 am
Posts: 1417
Ah, okay, the 3rd legend just ended hilariously.

Legend 3 ini menu utamanya. Tiap hero harus nyelesaikan randomly assigned quest. Abis itu ada 1 big baddie yang spawn kalo questnya kelar. Salah satu quest yang gue dapet adalah ngawinin 2 farmer di big tree. Mereka harus di-eacort sampe sana. Awalnya aja udah agak aneh: farmer yang gue bawa 2 2 nya cowok :lol: (farmer token ada cewek ada cowok, tapi gamenya nganggap sama aja). Di tengah tepi sungai deket pohon gia reveal fog token, siapa tau beneficial effect. Eh ternyata malah nongol Gor (waktu itu oddsnya 1:11). Langsung fail dah.

_________________
My Gaming-related Blog
My Smallish Board Game Collection


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Legends of Andor
PostPosted: Sun Jan 27, 2013 1:04 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jun 30, 2011 4:18 pm
Posts: 1825
Location: Jogjakarta
Wuakakakakak daaamnn

_________________
My collections


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Legends of Andor
PostPosted: Sun Jan 27, 2013 1:11 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Oct 11, 2011 5:24 pm
Posts: 1301
Replay valuenya gimana?

_________________
My tiny collection
Lapak jualan


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Legends of Andor
PostPosted: Sun Jan 27, 2013 4:15 pm 
Offline
Forum Staff
Forum Staff
User avatar

Joined: Wed Sep 24, 2008 9:52 am
Posts: 5244
Location: Jakarta
still on the fence with this one. bener ga katanya replay valuenya minim? gamenya ga se exciting semula once you know the story?

_________________
MEMOIR '44ImageCHAMP
rbayu2 BGG profile | Best Buy Collection
.................................................
a proud owner of 29 Martin Wallace games


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Legends of Andor
PostPosted: Sun Jan 27, 2013 5:00 pm 
Offline
User avatar

Joined: Fri Sep 26, 2008 8:14 am
Posts: 1417
Rasanya dengan frekuensi repeat play kalian harusnya replay value sih bukan masalah ya :lol: But seriously... ;)

Rasanya gue ketemu sama problem pertama dengan game ini. Legend #3 didesain senagai bread & butternya game ini. Most of the rules are in effect, and a LOT of setup randomness.

Coba kita liat setupnya ya. Pertama tiap hero dapet 1 quest dari 10 quest yang ada. Final boss di reveal saat setiap hero sudah menyelesaikan quest, dan ini random 1 dari 4. Dalam game ini ada 15 token yang menentukan spawn monster. Saat setup, 5 dari 15 monster token ini di draw dan diresolve, dan kemudian sepanjang permainan 5 token tambahan lagi akan ditarik, tapi kapan ditariknya ini pun random. Kemudian ada NPC yang akan muncul pada saat random dan menghilang 4 step berikutnya. Di sini untuk monster dan NPC ini random di awal ya. Setelah setup kita akan tau kapan mereka muncul. Terakhir, ada herbs dan runestones yang diletakkan secara random saat setup. Plus the usual event cards & face-down exploration token. So, LOTS AND LOTS of variation. Random factors ini juga ngasi emergent story (cerita yang nongol karena interaksi komponen game, bukan pre-written story) yang bagus.

Masalahnya adalah, setelah 5 (!) tries, gue ngerasa legend ini terlalu unstable. Dari 5 itu gue cuma menang sekali, itu pun karena hoki waktu setup dan spawn monster. Kalo gak hoki, jadi sangat sulit, mungkin nyaingin Ghost Stories! Gue baca di forum juga katanya legend 3 ini paling sulit dan luck dependent, so buyer beware!

Kebanyakan suka legend 1, 2 dan 4. Rasanya sih easily fixed by giving heroes generous extra strength points waktu setup. Next time gue akan coba ngasi heroes starting strength 6 atau 8 (normalnya 2), dan mungkin turun pelan-pelan dari situ buat nyari sweet spotnya. Soalnya despite unfathomable difficultynya, Legend #3 ini cukup asik karena banyak variasinya.

_________________
My Gaming-related Blog
My Smallish Board Game Collection


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Legends of Andor
PostPosted: Sun Jan 27, 2013 7:48 pm 
Offline
Forum Staff
Forum Staff
User avatar

Joined: Wed Sep 24, 2008 9:52 am
Posts: 5244
Location: Jakarta
yakin amat lu win frekuensi repeat play lu lebih banyak dari kita2.. :eh:

even if lagi jarang bisa maenin suatu game, tetep replayability is an aspect for buying decision.

anyway yg dipermasalahin andor ini ga perlu frekuensi yg cukup buat jadi problem. jadi ga perlu berkali2 repeat playnya, hanya dengan sekali maen sudah cukup untuk udah tau ceritanya. kayak mansion of madness aja. well gua ga tau karna belom maen. tapi dari baca2 komen2 orang yg not even interested to try and play again after one play of the scenario, doesn't matter winning or losing it.

_________________
MEMOIR '44ImageCHAMP
rbayu2 BGG profile | Best Buy Collection
.................................................
a proud owner of 29 Martin Wallace games


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Legends of Andor
PostPosted: Sun Jan 27, 2013 8:38 pm 
Offline
User avatar

Joined: Fri Sep 26, 2008 8:14 am
Posts: 1417
Iya dong, game gua kan terbatas, jadi per gamenya pasti lebih banyak dimainin ulang. Kalo yang sering meetup pasti lebih sering ketemu game baru kan :D Ini aja udah 9 plays Andornya. Hari ini Andornya gue tinggal di meja makan seharian. Sempet gue tinggal tidur siang juga :lol:

Gue rasa untuk Andor meski per-skenario ceritanya sama, sekali lagi yang perlu diperhatikan di sini adalah emergent storynya. Kalau mau dibandingin yang ekstrim, misalnya seperti Magic Realm, yang nggak ada cerita tertulisnya, tapi ada cerita yang muncul dari apa yang dialami playersnya. Kalau dari genre yang serupa, bisa dilihat Pandemic & Defenders of the Realm. Situasinya mirip. Cerita sama, randomized set-up. Dan buat gue sendiri Pandemic replay valuenya sangat bagus (rasanya gue record 70an game di BGG).

Untuk pengulangan skenario yang non-random, gue baru tau Legends #1 & #2 ya. Untuk legends 1 mungkin terlalu basic untuk dimainkan berulang2. But, hey, I lost this scenario once! Itu aja gue dah ngulang lagi. Untuk Legends #2 bahkan bakal gue jadiin default legends buat non-gamers.

Legends 2 ini ada 3 quest utama. Defend castle, beat skral fortress, dan bawa herb ke castle buat sembuhin rajanya. Untuk nemuin heb, kita harus nyari witch di foggy banks of the river. Lokasi skral fortress, witch, dan herbnya random. Jadi gue yakin legend ini juga punya replay value.

Gue baru bahas legend 1-3 ya. Masih ada 4 &5, dan gue denger legend 5 juga replayabitynya tinggi. Belum lagi Menzel udah rilis 1 bonus legend.

Jadi gue sangat confident bahwa game ini punya replay value yang tinggi.

Kalo dari segi cerita, menurut gue untuk medium boardgame ada 2 macem: linear sama non-linear. Non-linear ceritanya emang bisa macem2, tapi jadi nggak koheren (misalnya Tales of the Arabian Night). Andor ini ceritanya koheren jadi emang dari written story nggak ada yang berubah (legend 3 ada perubahan sih tergantung bos terakhir mana yang nongol). Cuma dari segi gameplay menurut gue ga usah kuatir soal replayabilitynya, apalagi didukung emergent story-tellingnya.

Kalo soal comments di BGG gue sih coba gak terlalu percaya ya kecuali comment2nya orang yang emang gue ikutin. BGG sekarang signal:noisenya parah. Kalo dipikir, bayangin aja game PC dengan segala automated variablesnya aja nggak bisa bikin cerita yang koheren sekaligus ngacak :lol: Jadi nyari 'replayable story' di board game rasanya sih gak mungkin dapet kecuali di game story telling kaya Tales atau SMERSH (itu pun ceritanya ngalor ngidul).

Jadi game very replayable, written story tetap (with little variations).

Ntar kalo minggu depan udah jalan legend 4 & 5 gue report lagi deh ;)

_________________
My Gaming-related Blog
My Smallish Board Game Collection


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 14 posts ]  Go to page 1, 2  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Jump to:  
cron
Powered by phpBB © 2000, 2002, 2005, 2007 phpBB Group
Template made by TBF Photoshop Forum