Indoboardgames.com
 
It is currently Mon Jun 25, 2018 1:24 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 8 posts ] 
Author Message
 Post subject: Quiz.... Quiz...
PostPosted: Mon May 31, 2010 3:39 pm 
Offline

Joined: Thu Mar 18, 2010 4:23 pm
Posts: 21
Tadi masuk forum niat mo ngecek lapak jualan.... sepi ...sepi...
Jadi merantau ke Quiz..... dan ternyata menarik juga....

Gw punya Quiz... begini :

Di desa para peternak kambing, ada seorang ayah dari suatu keluarga peternak kambing yang mempunyai 17 ekor kambing. Si ayah ini udah sakit keras dan tak lama kemudian dia wafat. Si ayah ini punya 3 orang anak ( Si A, Si B, dan Si C ).

Dan sesuai wasiatnya sebelum meninggal dia mengatakan bahwa setiap anak akan mendapatkan sebagian dari kambing kambing itu.

Bunyi wasiatnya adalah :
Si A akan mendapatkan 1/2 ( setengah ) dari kambing kambing itu.
Si B akan mendapatkan 1/3 ( sepertiga ) dari kambing kambing itu.
Dan si C akan mendapatkan 1/9 ( sepersembilan ) dari kambing kambing itu.

Ingat jumlah total kambing milik keluarga itu adalah 17 ekor.

Pertanyaan :
Berapa ekor kambing yang didapatkan oleh masing masing anak ?..... tapi ingat kambing tidak boleh dipotong potong atau dibagi bagi ( harus utuh & hidup ).
Jawaban harus disertai cara menghitungnya ( bukan hanya jumlah kambing )... dan harus masuk akal.... sehingga setiap anak merasa puas.

Nyang bisa jawab dapet card game lokal "Apples Or Cash"...lumayan buat nambah koleksi....

Selamat menjawab !

_________________
LIFE is a trully perfect BOARDGAME


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Quiz.... Quiz...
PostPosted: Mon May 31, 2010 3:43 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Mar 12, 2009 10:54 am
Posts: 1913
Location: South Jakarta
pinjem kambing tetangga sebijix...
terus anak A dapet 9
anak B dapet 6
anak C dapet 2

kalo dijumlah jadinya 17 deh..

kambing tetangganya balikin.. :D

kalo gak ada kambing tetangga, bisa lah pake kambing2an yang boongan

_________________
Lapak Jualan

Age of Industry:Limited edition, The New Era, Innovation: Echoes of Time

Every money you make is part of your life, because you had to give up part of your life to get it. Thus everything that you spend your money on you are spending part of your life on.

You can never get enough of what you don't need because what you don't need will never satisfy you.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Quiz.... Quiz...
PostPosted: Mon May 31, 2010 3:55 pm 
Offline

Joined: Sun Jan 04, 2009 10:13 pm
Posts: 338
hmm...menarik jg ini quiz
ada hadiahnya lagi...coba jawab ah :

intinya ada di pecahan kalo 1/2+1/3+1/9 itu tidak sama dengan 1.
1/2+1/3+1/9 = 17/18.
so kita melihat angka 17 disini.

nah sekarang tinggal simple math aja : KPK (kelipatan persekutuan terkecil),
KPK dari 2,3 dan 9 = 18
so pecahan bisa diubah jadi demikian,dimana kalo disederhanakan ya intinya sama aja toh :
1/2 = 9/18
1/3 = 6/18
1/9 = 2/18

Karena 17/18 kurang dari satu jadi bisa diasumsi kambing ada 18 dulu sehingga :
si A dapet 1/2=9/18 jadi dapet 9 kambing
si B dapet 1/3=6/18 jadi dapet 6 kambing
si C dapet 1/9=2/18 jadi dapet 2 kambing,

which is total kambing tetep 17.
Semua senang karena emang dihitung dengan benar menggunakan matematika yg benar :hormat:


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Quiz.... Quiz...
PostPosted: Mon May 31, 2010 4:39 pm 
Offline
User avatar

Joined: Sat Sep 27, 2008 6:47 pm
Posts: 499
Location: Ciledug, Tangerang
isengg.... nambah2 posting dah....
Total Kambing(k) =17

A=1/2K
B=1/3K
C=1/9K

--1/2K+1/3K+1/9K=17
Kanan sama kiri dikali 18
--9K+6K+2K=(17*18)
--17K=(17*18)
--K=18

A=1/2K=9
B=1/3K=6
C=1/9K=2
TOTAL K=17

_________________
"Every war is Immoral, and if you let that bother you.. Then you're not a good soldier!"
-General Curtis Emerson LeMay-

Papan Mainan


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Quiz.... Quiz...
PostPosted: Mon May 31, 2010 4:44 pm 
Offline

Joined: Thu Mar 18, 2010 4:23 pm
Posts: 21
Salut ... salut.... :hormat:
Karena latar ceritanya di desa.... mereka gak ngerti matematika nyang rumit....
So jawaban yang paling benar adalah : Joehn !
( Buat yang laen sorry bro.... namanya juga Quiz.... maybe next time... )

Bro, joehn, pm alamat pengiriman...... janji harus ditepati !!! :ngoceh:

....laen kali mesti nyang lebih sulit nih ....

_________________
LIFE is a trully perfect BOARDGAME


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Quiz.... Quiz...
PostPosted: Mon May 31, 2010 4:58 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Feb 25, 2009 5:21 pm
Posts: 1265
Location: Jakarta Barat
Mengingat keterbatasan pendidikan (umumnya) kaum penggembala di masa itu, maka yang sebenarnya terjadi adalah:

Anak 1: Ayah sudah memberikan separuh dari kambing2 itu kepadaku, maka akan kuambil separuhnya 1..2..3.....8 er..er..aku anak sulung maka aku dapat lebih 1, total 9. ada yang protes? (flexing the biceps) no? ok, bye!

Anak 2: Aku mengalah kak, aku ambil 1/3 dulu ya jadi semuanya 1..2..3..4..5..ehmm...ehmm, dul, aku lebih tua darimu jadi aku juga tambah 1 jadi 6 ya? ok? ok? (big grin)

Anak 3 a.k.a Dul: ya dapet sisanya alias 2.

Pembaca puas? Ada yang protes? (cracking the knuckles) Ok, ev'rybody hepi

_________________
Present collection
"Menjadi terang bukan untuk membakar, menjadi garam bukan untuk bikin darah tinggi.."


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Quiz.... Quiz...
PostPosted: Mon May 31, 2010 4:59 pm 
Offline

Joined: Sun Jan 04, 2009 10:13 pm
Posts: 338
ternyata latar belakang desa jg termasuk faktor penting dalam quiznya :lol:

congrats buat joji. joj, mungkin niat kasih quiz jg?? hadiahnya loyang gitu :twisted:


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Quiz.... Quiz...
PostPosted: Mon May 31, 2010 5:05 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Mar 12, 2009 10:54 am
Posts: 1913
Location: South Jakarta
wak... loyang di quiz in.. wah.. skhip dulu de :P

_________________
Lapak Jualan

Age of Industry:Limited edition, The New Era, Innovation: Echoes of Time

Every money you make is part of your life, because you had to give up part of your life to get it. Thus everything that you spend your money on you are spending part of your life on.

You can never get enough of what you don't need because what you don't need will never satisfy you.


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 8 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Jump to:  
cron
Powered by phpBB © 2000, 2002, 2005, 2007 phpBB Group
Template made by TBF Photoshop Forum