Indoboardgames.com
 
It is currently Thu Jul 19, 2018 2:47 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 4 posts ] 
Author Message
 Post subject: Dragon Raiders
PostPosted: Mon Oct 22, 2012 12:15 pm 
Offline

Joined: Tue Oct 16, 2012 9:12 pm
Posts: 2
Salam kenal kakak2
Aku radit, n aku mau minta tips, saran, n pendapat buat game baru yg lagi aku kembangin

Genre-nya random-dungeon crawler
Temanya tentang 1-4 adventurers yang masuk ngrampok harta dari sarang naga
Gameplay-nya 1st half cooperative, 2nd half competitive

Components:
+ 25 map tiles + 1 start tile n 1 dragon lair tile
Character cards n dragon card (so far uda bikin 6 chars, which IMO is enough for now) + tokens
Encounter cards (ada monster, trap, obstacle, barrier, n hunt encounters)
Treasure cards (ada components, trinkets, magic books, n stat+ items)
Status token (buff n debuff)
Wound token
Paired numbered trap, barrier, n device tokens (buat kalo player pasang trap, barrier, ato device)
3 1d6 dices (buat talent check n combat)
Alarm tracker + marker (buat nentuin si naga uda kebangun ato belum)

Character cards:
Tiap char punya stats nya 3 vitals, 3 stats (nentuin combat effectiveness), n 6 talents (yg bakal di pake buat selesaiin non-combat encounters)
Vitals: Life, Speed (2 pertama uda jelas maksudnya), n Energy (buat pake skills)
Stats: physique/PYS, dexterity/DEX, n willpower/WILL
Talents: Strength, Exploration, Agility, Device Use, Magic, Talk
Tiap char juga punya type: strong (attack bonus dari PYS), swift (DEX), n smart (WILL)
Finally, tiap char punya basic attack (yg nentuin ni char nyerangnya ke PYS, DEX, ato WILL musuh, plus ada efek tambahan ato g) n extra skill (buff, heal, dsb)

Preparation:
Siapin start tile n dragon lair tile-nya
Tiap player roll 1d6 buat nentuin urutan
Player yg roll paling tinggi jalan duluan, yg paling rendah milih character duluan
Sesuai urutan giliran jalan, draw map tile trus posisikan di start tile ato dragon lair tile
Biar map-nya g terlalu besar jadinya, susunannya max 4x4 tiles
Repeat terus sesuai jumlah players yg main
1 player 8 tiles, 2 players @5 tiles, 3 players @4 tiles, 4 players @3tiles
Kalo uda kesusun map tiles nya, draw encounter card trus taruh di map tiles face-down
Repeat terus sampe smua map tiles (selain start n dragon lair) keisi encounter card

1st half gameplay:
Tiap player jalanin char-nya beberapa kotak max sesuai speed-nya
Kalo tu char finish movement di tile yg ada encounter-nya, flip encounter card face-up
Tiap encounter card bakal ditulis 3 cara buat nge-finish encounter, ato sekedar by-pass
Kalo encounter-nya finished, buang card-nya dari map
Kalo encounter-nya cuma di by-pass, biarin aja tu encounter card di map jadi kalo misal ada char yg masuk ke tile itu lagi dia
harus lewatin tu encounter lagi (khusus buat obstacle encounters cuma bisa di by-pass doing)
Kalo semua players uda jalanin char-nya, player terakhir gerakin alarm tracker-nya 1 level
Kalo players bisa sampe di lair sebelum alarm tracker-nya sampe di “wake up”, tiap player boleh ambil 1 free treasure
Kalo ga, si naga bakal uda siap dan tiap player harus berhasil nyerang si naga buat bisa ambil treasure nya (kalo players pada nekat boleh terus serang si naga sampe treasure cards nya habis, at which point si naga bakalan mati)

2nd half gameplay:
Begitu semua players uda ngumpul di dragon lair n ambil free treasure masing-masing (kalo si naga belum bangun), si naga
bakalan bangun n ngamuk
Misi tiap players mulai point ini adalah lari ke start tile dengan selamat sambil ngehindarin kejaran si naga
Players bisa ngelambatin si naga dengan cara pasang traps, barrier, ato ngorbanin char yg lain
Kalo semua players uda jalanin char-nya, player terakhir gerakin naganya
Biar fair, si naga juga punya aturan gerak
1. Naga bakal ngejar char yg paling dekat
2. Kalo ada 2 char ato lebih yg jaraknya sama, naga bakal ngejar yg treasure value-nya paling tinggi
3. Kalo ada 2 char ato lebih yg treasure value-nya sama, tu players roll 1d6, yg paling rendah yg bakalan di target ma si naga
Trus gimana ma char yg speed-nya lebih tinggi? Bisa dilambatin ko. Bisa di pasangin trap, barrier, ato kalo g mau repot serang aja
biar kena slow buat 1 turn (ato kalo punya skill-nya di-stun aja sekalian)
Players yg bisa selamat sampe di start pertama bakalan dapet +3 treasure value, yg kedua dapet +2, yg ketiga +1. Yg terakhir
keluar g dapet bonus.
Kalo semua yg masih hidup uda keluar, tuh players jumlahin treasure value dari semua treasure yg dia dapet plus bonusnya
Yg menang jelas yg treasure value-nya paling tinggi. Kalo ada 2 ato lebih yg value-nya sama, yg jumlah treasure cards-nya tinggi
yg menang. Kalo masi tetep sama, berarti draw

Combat encounters rules:
Combat ada 2 macem yaitu PvE n PvP, tapi basic rules nya sama
1. player yg mulai combat disebut attacker, yg satunya defender
2. attacker milih skill mana yg bakal dia pake (buat nentuin dia nyerang PYS, DEX, ato WILL)
3. dua-duanya trus roll 1d6 n bandingin hasil roll + stats
i.e. attacker type strong n punya nilai PYS 5 nyerang DEX-nya defender yg nilainya 3
attacker roll 3, defender roll 4 -> (3+5=8) vs. (4+3=7) berarti hit
hit: defender kena dmg n efek tambahan dari attack-nya si attacker
4. kalo defender g langsung mati, dia dapet wound token (in case jumlah wound token nya sama dengan nilai Life berarti
tetep aja dia mati)
5. seandainya si attacker miss, defender bakalan serang balik (repeat step 2-4)
Note: defender cuma bisa nyerang kalo attacker miss. Kalo hit, defender g bisa bales serang
6. in case PvP, si defender juga dapet status tambahan slow (speed=2) buat 1 turn

Non-combat encounters rules:
Non-combat encounters diselesaiinnya pake talents
Player roll d6 sesuai nilai talent yg dia pake
Kalo ada 1 aja yg hasil roll nya 4+, berarti tuh player berhasil pake talent-nya
i.e. player kena trap encounter n dia mau disarm trap, Device Use dia nilainya 3
si player roll 3d6, kalo ada 1 roll aja hasilnya 4 ato lebih, dia berhasil disarm trap-nya
seandainya g ada yg hasilnya 4 ato lebih, dia fail trus kena efek yg ditulis dibagian fail

gimana kakak2? Bagus? Menarik? Ato boring or terlalu rumit?
Mohon pendapat, saran, tips, ato apa aja lah, yg penting respon (^_^,)>
Thank you


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Dragon Raiders
PostPosted: Mon Oct 22, 2012 12:37 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Mar 12, 2009 10:54 am
Posts: 1913
Location: South Jakarta
hi radit,

thanks udah mau sharing di sini atas gamenya.

gw belom bisa final comment untuk keseluruhannya karena kurangnya informasi. Beberapa hal yang masih tanda tanya buat gw and also a few comments:
1. Apakah tiap karakter hanya dibedakan di stats? atau ada special ability/skills/etc?
2. map tiles nya gw belom kebayang apakah satu tile ada banyak kotak? atau 1 tile hanya cukup 1 movement?
3. gw gak tau stats nya si naga, apakah dia highly difficult to defeat? atau moderate?
4. untuk encounter sepertinya cukup menarik, ada pass-criteria dan conquer-criteria.
5. gw gak tau jumlah "treasure" yang ada. Yang gw tangkep cuman ada "free treasure" dari dragon lair? Apakah di map bakal ada additional treasure?
6. Apakah di 1st half boleh PvP?
7. Kalo udah mati, ada mekanisme revive? Ato langsung auto out from the game?
8. Kalo naganya bisa dibunuh, apakah mungkin semua player bunuh2an aja biar pasti menang? gak usah ke luar dungeon?
9. Kalo diliat dari battle rule nya, ini game bakal nge-push orang buat agresif banget. Nothing to lose kalo nyerang orang lain. Apakah emang ada reward kalo mukul orang lain/KO in orang lain?
10. Gw gak tau jumlah treasure value itu berapa? Kalau misalnya player 1 dapet treasure nilainya "1" dan player 2 dapet treasure nilainya "5", maka player 1 walopun keluar duluan gak mungkin menang donk? Maybe a little more explanation di sini.

Bisa didiskusikan lah rame2 disini.

FYI, gw euro gamer - bukan adventurer gamer. Jadi, gw lebih ngeliat dari mekanik, objective game, how to win, etc etc. Jadi mungkin taste nya bisa beda - as in gw bukan roleplayer.

Thanks

_________________
Lapak Jualan

Age of Industry:Limited edition, The New Era, Innovation: Echoes of Time

Every money you make is part of your life, because you had to give up part of your life to get it. Thus everything that you spend your money on you are spending part of your life on.

You can never get enough of what you don't need because what you don't need will never satisfy you.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Dragon Raiders
PostPosted: Mon Oct 22, 2012 12:49 pm 
Offline
User avatar

Joined: Fri Sep 26, 2008 8:14 am
Posts: 1417
Menurut gue rada perlu disederhanakan dikit, lumayan banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Gue suka 3 mode combatnya. 6 non-combat skillnya rada kebanyakan sih. Mungkin mo dibikin tiap karakter jago dalam 2 ato 3 skill ya.

BTW temanya mirip banget sama Dungeonquest.

_________________
My Gaming-related Blog
My Smallish Board Game Collection


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Dragon Raiders
PostPosted: Mon Oct 22, 2012 2:23 pm 
Offline

Joined: Tue Oct 16, 2012 9:12 pm
Posts: 2
1. tiap char punya special skill, attack, n talents nya beda jadi biar type sama-sama swift misalnya tetep ada bedanya
@sevej: betul kak, tiap char 2 talents jago, 2 average, 2 weak
2. tiap map tiles punya 1 room sebagai centernya, trus tiap room punya 2-3 entrance @ 2-3 squares per rute. ntar aku attach-in sample map tile nya kalo uda bisa aku scan
3. dragon status nya difficult to beat but not impossible, masalahnya refer ke Q.5
5. jumlah treasure-nya banyak, jadi player yg pertama kali finish encounter (bukan by-pass n tergantung type encounter) bisa dapet treasure. Life si haga tu jumlahnya sama dengan jumlah sisa treasure yg ada di stack jadi kalo dari awal pada by-pass semua encounter si naga HP-nya juga bejibun
6. 1st half si halal aja kalo mau full competitive, tapi kembali lagi tiap encounter butuh talent yg beda, jadi cooperative nya tu supaya bisa sampe lair sebelum si naga bangun
7. untuk urusan revive sementara buat 1st half masi bisa, tapi 2nd half sama sekali g bisa, thanx uda sebut topik ini kakak soalnya aku tadi kelupaan hehehe
8. kalo tiap player bunuh-bunuhan, lah si naga kan tetep ngejar dari belakang, jadi tinggal 1 orang yg hidup kalo ketangkep si naga juga tetep tamat
9. yup, for the 2nd half, soalnya ni game ngliat taraf "greed" n "tega-tegaan" nya tiap player juga hehehehe
10. tiap treasure value memang beda jadi tergantung luck juga dapetin nya yg gede. tapi kembali ke jawaban Q.5, chance buat dapet treasure juga tinggi jadi kalo player 1 dapet 2 treasure value @2 n keluar pertama, player 2 dapet 1 treasure yg value 4 keluarnya kedua
hasil akhirnya kn player 1 (2x2+3 = 7) vs. player 2 (1x4+2 = 6) jadi yg menang tetep si player 1

thanx masukan n pendapatnya kakak2

btw: g pernah main dungeonquest si, tapi terpengaruh DnD n berhasil sederhanain system talent nya gara-gara baca rules story realm yg di-post d PnP kak. so cheers buat kakak yg nge-posting thread-nya (^_^)/


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 4 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron
Powered by phpBB © 2000, 2002, 2005, 2007 phpBB Group
Template made by TBF Photoshop Forum