Indoboardgames.com
 
It is currently Wed Sep 19, 2018 1:51 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 30 posts ]  Go to page 1, 2, 3  Next
Author Message
 Post subject: Euro & AT definition
PostPosted: Tue Oct 07, 2008 9:05 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Oct 07, 2008 7:21 am
Posts: 294
Location: Jakarta
Ah diinspirasi dari thread Acquire ni, aq yg mulai, silakan kasih pendapat masing2 sih anggep aja brainstorming, agak susah si utk dapet defenisi terjelas... karena saling tumpang tindih

Euro
  • Pake VP
  • Gameplay lebih cepat
  • Mudah dipelajari (easy to learn hard to master biasanya).

AmeriTrash
  • Objective tertentu
  • RolePlay dan background story lebih terasa
  • Gameplay lebih lama
  • Manualnya biasanya tebal

Nanti kalo kepikir aq tambah

_________________
BGG Profile | Collection


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Euro & AT defenition
PostPosted: Tue Oct 07, 2008 9:22 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Sep 24, 2008 6:54 pm
Posts: 1132
Location: Jakarta
Bener gak kalo mostly euro itu gak ada eliminasi?

Trus ada beberapa yang bilang gini...euro itu jadi kaya semacam utopia...no elimination...no direct conflict...bener gak tuh?

Bagi euro gamer...ini bukan pendapat gw...gw pernah mendengar doang hehehe....jadi jangan pada begini --> :x :x y baca pertanyaan gw :lol: :lol:

hmm mod...thread ni gak sebaiknya di Boardgames Info & Discussions aj?


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Euro & AT defenition
PostPosted: Tue Oct 07, 2008 9:58 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Oct 07, 2008 7:21 am
Posts: 294
Location: Jakarta
Ah ya betul no player elimination coz VP oriented
Direct conflict tul juga, krn war games ude dicategory AT ajah si biasanya
mungkin 1 lagi less dice roll in Euro

Masih terkait dgn sebelumnya

Euro lebih memberatkan ke mekanik game, sehingga ketika bermain kita lebih deep ke mekanik, sedangkan
AT lebih ke story/roleplay, mungkin perlu dipertajam lagi sih analisa ini, tapi yg mau sy katakan adalah setelah bermain AT session report akan lebih berbentuk cerita , sedangkan Euro lebih kearah langkah dalam mekanisme game.

contoh aja si kalo main drakon session reportnya lebih ke story ketimbang Ticket To ride.
Kadang dalam game Euro mekanik dibuat lebih dulu baru kemudian Tema yg cocok di sandingkan, sedangkan AT bermula dari cerita atau kisah kemudian dibuatlah mekaniknya.

Ah ya
Euro itu simple
AT itu banyak pritil2nya dan If condition (makanya manual jadi tebel)

Euro learning curve lebih cepat
AT learning curve lebih lama

Iya nih kayanya kudu minta admin pindahin, sy gak liat ada group itu...

_________________
BGG Profile | Collection


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Euro & AT definition
PostPosted: Tue Oct 07, 2008 10:29 pm 
Offline
Forum Staff
Forum Staff
User avatar

Joined: Wed Sep 24, 2008 5:41 pm
Posts: 3864
Location: SOC
Nambahin dikit / mengulang dikit :

Euro :
jarang didominasi oleh faktor luck ..
karena mentingin mekanik`nya, jadi mekanik sama theme`nya sering rada2 maksa kesannya ...

@agus : kayanya cukup banyak jg euro yg ada direct conflict`nya tp tidak dengan tujuan mengeliminasi

@mario : sekalian tolong dibahas donk bro, itu wotr ama marvel koq bisa kehitung euro jg ?

_________________
SOLEX * Your Cheapest Boardgames Source.
Pre-Order : Open // Deadline : Soon // Source : CSI & Essen // Contact : Me!
Hot items : Essen 2013 Games, contact me for details.

Deadwood's BGG Profile


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Euro & AT definition
PostPosted: Tue Oct 07, 2008 10:36 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Sep 24, 2008 6:54 pm
Posts: 1132
Location: Jakarta
berarti bener dnk y pendapat kalo di para euro gamer itu seperti merindukan 'utopia'...yang artinya less dice roll (= less luck), less direct conflict, no elimination. Padahal euro seolah2 menjanjikan tema yang seperti kehidupan sehari-hari. Padahal kehidupan sehari2 kan ada eliminasi, ada unsur luck, & tentunya ada direct conflict (gak mungkin menghindari gesekan kan di dunia nyata? hehe)

Sebaliknya AT menawarkan tema yang seperti novel, film, PC/Video games. Jelas banget beda dari kehidupan sehari-hari.

Kalo gitu wargames gimana? kaya ASL gitu, detil gila game itu. Bener2 kaya hidup kita sehari-hari. Ada unsur luck dimana2.

Temen2 tolong gw dibenerin kalo salah y. hehehe


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Euro & AT definition
PostPosted: Tue Oct 07, 2008 11:01 pm 
Offline
Forum Staff
Forum Staff
User avatar

Joined: Wed Sep 24, 2008 2:30 pm
Posts: 2783
Location: Serpong
biar newcomer ga bingung lagi dengan istilah ini, gw sticky aja yah?

_________________
BGG Profile | My Collection | Little Pot's Collection


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Euro & AT definition
PostPosted: Tue Oct 07, 2008 11:03 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Sep 24, 2008 6:54 pm
Posts: 1132
Location: Jakarta
kohee wrote:
biar newcomer ga bingung lagi dengan istilah ini, gw sticky aja yah?

ric gak dipindahin sekalian ke general discussion?


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Euro & AT definition
PostPosted: Tue Oct 07, 2008 11:05 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Sep 24, 2008 6:54 pm
Posts: 1132
Location: Jakarta
lah...tadi perasaan gw bales masih di AT hahahaha

trus tadi lu bilang mar...defini euro & AT sekarang ud agak berubah...itu berubahnya gimana?


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Euro & AT definition
PostPosted: Tue Oct 07, 2008 11:21 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Oct 07, 2008 7:21 am
Posts: 294
Location: Jakarta
WOTR dan Marvel memang dibuat di Italia koq so it is EURO by origin
Belum lagi it is also true both of them is VP oriented, kec WOTR ada aspek Ring based Victorynya, sebetulnya WOTR bisa dimainkan dalam 2 jam asal kedua belah pihak gak pake clarify2 rule atau kartu combat dan event aja pas dimainkan.

Ya shogun termasuk saling eliminasi tapi itu EURO at heart, emang tidak semua but majority is Utopia seeking like Fenderman said.

Euro dan AT berubah karena keduanya saling berlajar dan mengadopsi apa yg unggul, AT sendiri berevolusi sejak adanya D&D aq ada bahas di thread Pen & paper. Dulu AT tidaklah seperti sekarang bisa dilihat game2 lama AT, Euro sendiri dulunya lebih ke arah Abstract game sebetulnya, kemudian evolusi AT mempengaruhi game Euro but underlaying is still abstract mechanic, maka kadang ada game euro yg kesannya punya tema dipaksakan.

Apabila ada yg mengikuti Zooloretto itu dari Colloretto, both rely on mechanic, gak bisa dibikin cerita bukan kalo abis maen.... (butuh imajinasi lebih), ah yg semua kenal tentunya Lost cities dan Ballon Race keduanya sesungguhnya abstract game bukan?

Peta desain memang banyak berubah namun memang ada indikator 2 tertentu yg bisa dipakai utk menggolongkan, agak sulit utk mendefenisikan secara exact tapi harapannya sih bagi yg membaca discussion kita at least dapat rough idea what is Euro and AT. So more input folks to sharpen this discussion?

_________________
BGG Profile | Collection


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Euro & AT definition
PostPosted: Wed Oct 08, 2008 9:10 am 
Offline
User avatar

Joined: Fri Sep 26, 2008 9:55 am
Posts: 3212
Location: Jakarta Selatan
Aku rasa masalah Euro dan AT itu kan memang awalnya karena jelas-jelas rata-rata game yang berasal dari Eropa dan Amerika mempunyai ciri khas desain yang berbeda. Tapi seperti kata Mario akhirnya kedua benua ini saling adopsi, sehingga ngga bisa dikatakan Euro ato AT dari asalnya saja.

Meski gitu, yang namanya ciri khas itu ngga bisa hilang. Di beberapa game, ada yang terkesan blending. Tapi di beberapa game, ada yang terkesan jelas. Kalo bagi aku, agak berbeda aku menilai Euro ato AT dibandingin Mario.

Euro
- "Gamey" Mechanic. Mekaniknya lebih terasa bisa digamekan. Dalam arti, kita bisa cari selanya, bisa kita hitung, bisa kita pikir dan strategikan agar mekanik itu bisa bikin kita menang. VP juga termasuk tools dalam hal ini.
- Unthemed Mechanic. Biasanya mekanink euro itu ga nyambung blas sama temanya. Ada juga yang disambung-sambungkan, tapi kalo dipikir-pikir lagi, di real life ga mungkin terjadi seperti itu.
- Competitive. Bisa dikatakan Euro adalah all about winning. Makanya rata-rata game Euro itu sebentar, biar bisa segera start game baru dan maen lagi. Kalo lama, kasian yang udah jelas2 kalah masih harus nunggu berjam-jam baru resolve.

Ameritrash
- Mechanic derived from theme. Seperti kata Mario, di Euro biasanya mekanik dulu dibuat baru dikasi tema, dan di AT tema dulu baru dibikin mekaniknya. Makanya rata-rata mekanik di AT ngga bisa terlalu diutik2 ato ditrik demi favor kita.
- It's all about experience. Di Euro, semuanya balik lagi ke score kemenangan, ato VP. Di AT, yang penting kita MENGALAMI SENDIRI sebuah tema yang digamekan. Karena ini, yang kalah di AT, biasanya juga oke-oke aja karena meskipun kalah, mereka habis merasakan suatu permainan yang memuaskan. Karena itu ga masalah meskipun maennya lama dan berjam-jam.

Hal-hal ini yang biasa aku gunakan dalam memisahkan Euro dan AT. Omong-omong tentang hal itu, ada juga kategori-kategori lainnya bagiku, yaitu Abstract dan Wargame. Kalo mo bener2 dicari intinya, Abstract itu Euro dan Wargame itu AT. Tapi ada yang sedikit membedakan bagiku

Abstract
- Pure Mechanic. No (real life) theme at all. Kita bener-bener maen sebuah mekanik game. Contoh: Go, Ludo, Blokus, dll.

Wargame
- Biasanya tentang perang, domination dan sejenisnya. Tapi inti wargame biasanya adalah simulation and detail.
- Detail, dalam arti banyak hal yang harus dilakukan. Untuk melakukan sebuah Attack saja bisa banyak step.
- Simulation, dalam arti berusaha mensimulasikan suatu kondisi tertentu. Terkadang balance bukanlah hal penting, yang di mana di Euro dan AT hal ini masih lebih diperhatikan. Soalnya memang kadang kondisi-kondisi perang yang terjadi di dunia ini kan tidak selalu balance. Tujuan wargame adalah kita merasakan kondisi itu, dan mencoba apakah bisa memberi outcome yang berbeda.

So, itulah pembagian kategori game bagiku ;)

_________________
By the darkness I was laid, by the blood I am raised.

THE OUTPOST Board Game Price List

BGG Profile | Collection


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 30 posts ]  Go to page 1, 2, 3  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Jump to:  
cron
Powered by phpBB © 2000, 2002, 2005, 2007 phpBB Group
Template made by TBF Photoshop Forum