Indoboardgames.com
 
It is currently Mon Jun 25, 2018 3:41 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic This topic is locked, you cannot edit posts or make further replies.  [ 9 posts ] 
Author Message
 Post subject: Consolidated Shipment - FAQ and Rules
PostPosted: Thu Dec 09, 2010 1:47 pm 
Offline
Forum Staff
Forum Staff
User avatar

Joined: Thu Sep 25, 2008 9:24 am
Posts: 3750
Location: Batam, Indonesia
Thread ini khusus ditujukan untuk menempel aturan main mengenai Consolidated Shipment, yang ditulis dalam bentuk Frequently Asked Questions (FAQ).

Demi kerapihan FAQ ini, thread ini sengaja di lock. Jika ada pertanyaan seputar FAQ ini, dapat melalui thread Consolidated Shipment - Brain Storming

Seputar Consolidated Shipment (CS) dan Membership
  • Apan sih nih?
  • Apa keuntungan ikutan program CS ini?
  • Siapa aja yang boleh ikutan?
  • Bagaimana caranya ikutan program CS ini?
  • Saya ingin ikut memesan hanya 1x ini saja, bisakah tanpa jadi member (atau nitip pesan lewat member lain)?

Seputar Pembelian dan Pembayaran
  • Boardgame apa aja yang bisa dibeli lewat program CS ini? Dari toko mana saja?
  • Apakah bisa membeli dari beberapa toko online sekaligus, atau hanya bisa dari satu toko aja?
  • Apakah boleh membeli game sendiri (transaksi online sendiri) lalu nebeng shipment ke Indo nya?
  • Apakah dijamin akan mendapatkan boardgame dengan harga murah?
  • Bagaimana proses pembayaran untuk memesan/membeli game?

Seputar Pengiriman
  • Kapan barang yang saya beli akan tiba di Indo?
  • Apakah ada limit batasan pesanan dalam tiap pengiriman?
  • Bagaimana cara pengambilannya? Apakah bisa dikirim ke rumah?

Lost and Damage
  • Apakah ada resiko hilang / rusak dalam pengiriman?
  • Bagaimana jika shipment (the whole package) hilang dalam pengiriman ke Indo?
  • Bagaimana jika ada item yang hilang dalam shipment ke Indo?
  • Saya dan si X memesan item yang sama, tapi satu copy hilang dalam shipment, siapa yang berhak dapat?
  • Bagaimana jika ada item yang rusak dalam shipment ke Indo?
  • Saya dan si AP memesan item yang sama, tapi satu copy rusak dalam shipment, bagaimana pembagiannya?
  • Bagaimana jika item hilang/rusak dalam shipment lokal dari Jakarta ke alamat Buyer?

Saya ada pertanyaan lain, di mana saya bisa bertanya?

_________________
Say NO to Counterfeit, Fake, Pirated Boardgames! Buy Original!!

Image BGG Silver Boardgame Collector [Profile | Collection] - 287 titles
Adult Fans of LEGO [Set Collection] - 19 sets

Lapak Original Boardgames, Toys, Lego:
Image Image Image


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Consolidated Shipment - FAQ and Rules
PostPosted: Thu Dec 09, 2010 1:48 pm 
Offline
Forum Staff
Forum Staff
User avatar

Joined: Thu Sep 25, 2008 9:24 am
Posts: 3750
Location: Batam, Indonesia
Seputar Consolidated Shipment (CS) dan Membership

Apaan sih ini?
Consolidated Shipment (CS) atau bahasa kerennya Pesen Barengan ... ialah suatu program dari, oleh, dan untuk member forum Indo Board Games, dimana kita sama-sama melakukan pemesanan boardgames dari toko-toko online di Amrik, untuk kemudian dikirim sekaligus ke Indo.

Program ini bersifat non-profit, jadi forum IBG tidak menjual boardgame, juga tidak menarik keuntungan yang bersifat pribadi. Apabila ada sedikit fee yang didapat oleh IBG, maka fee tersebut akan digunakan sepenuhnya untuk kegiatan IBG yang dapat dinikmati oleh banyak member IBG.

Sampai dengan saat ini, kita telah sukses melaksanakan 10x CS:
  • CS1 - Januari 2011
  • CS2 - April 2011
  • CS3 - Juli 2011
  • CS4 - Agustus 2011
  • CS5 - Oktober 2011
  • CS6 - Desember 2011
  • CS7 - Januari 2012
  • CS8 - Februari 2012
  • CS9 - April 2012
  • CS10 - Juli 2012
  • CS11 - Agustus 2012 (on-going)

Apa keuntungan ikutan program CS ini?
- Bisa dapet Boardgame yang baru release dalam waktu relatif lebih cepat
- Pengiriman yang cepat dan lebih aman karena menggunakan DHL Express International (via air)
- Biaya kirim (DHL Express) yang lebih murah daripada pesan sendiri-sendiri, dan dapat potongan khusus
- Bisa pesan dari beberapa toko online di Amrik, dan saat pengiriman ke Indonesia di gabung jadi satu (hemat shipping cost lagi)
- Urusan bea cukai dan pajak juga lebih mudah karena hanya sekali urus (daripada urus sendiri-sendiri)
- Yang tidak/belum punya Kartu Kredit atau Paypal, bisa join ikutan beli boardgame dari Amrik

Siapa aja yang boleh ikutan?
Setiap member forum IBG boleh ikutan, dengan persyaratan:
1. HARUS SERIUS (jangan cancel order di tengah jalan)
2. MENGIKUTI SEMUA ATURAN MAIN yang ada (silahkan baca FAQ ini sampai THE END)
3. RAJIN MENABUNG (buat bayar member fee, game, dan ongkir nya ... juga pajaknya ke pemerintah)
4. SIAP RUTIN KETEMUAN untuk ambil barang dan nge-game bareng :rg_thumb:

Bagaimana caranya ikutan program CS ini?
Dikenakan member fee tahunan yang besarnya antara 40-80 ribu rupiah per tahun yang berlaku dari mid Desember sampai dengan mid Desember tahun berikutnya. Member fee yang terkumpul ini sepenuhnya untuk membayar jasa pihak ketiga yang membantu proses konsolidasi barang di Amrik (sehingga kita bisa banyak menghemat ongkos kirim internasional). Apabila ada kelebihan member fee (akibat ada member baru yang menyusul ikutan program CS ini), kelebihan dana member fee yang baru didapat ini akan dibagikan merata pada semua member program CS ini. Dengan demikian, semakin banyak yang jadi member, member fee akan semakin murah meriah :D

Selanjutnya akan dibuatkan thread khusus untuk para member yang SERIUS ikutan program CS ini.

Saya ingin ikut memesan hanya 1x ini saja, bisakah tanpa jadi member (atau nitip pesan lewat member lain)?
Tidak boleh titip pesan lewat member lain, karna setiap member yang telah ikutan, telah mengeluarkan sejumlah dana untuk membayar member fee (lihat point sebelum ini).

Namun, Anda dapat memesan 1x saja, dengan dikenakan biaya item fee yang besarnya sebagai berikut:
  • untuk item/game dengan harga sampai dengan US$ 10, dikenakan item fee = US$ 1
  • untuk item/game dengan harga sampai dengan US$ 20, dikenakan item fee = US$ 2
  • untuk item/game dengan harga sampai dengan US$ 30, dikenakan item fee = US$ 3
  • selebihnya dikenakan item fee = US$ 4
Jadi misalkan Anda memesan 2 item, senilai $8 dan $23, maka total item fee nya adalah $4. Sudah tentu lebih untung bila jadi member :rg_thumb:

Keseluruhan dana item fee yang didapatkan akan di bagikan merata kepada member CS yang ada.

_________________
Say NO to Counterfeit, Fake, Pirated Boardgames! Buy Original!!

Image BGG Silver Boardgame Collector [Profile | Collection] - 287 titles
Adult Fans of LEGO [Set Collection] - 19 sets

Lapak Original Boardgames, Toys, Lego:
Image Image Image


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Consolidated Shipment - FAQ and Rules
PostPosted: Thu Dec 09, 2010 1:58 pm 
Offline
Forum Staff
Forum Staff
User avatar

Joined: Thu Sep 25, 2008 9:24 am
Posts: 3750
Location: Batam, Indonesia
Seputar Pembelian dan Pembayaran

Boardgame apa aja yang bisa dibeli lewat program CS ini? Dari toko manan saja?
Boardgame yang sudah mudah didapatkan di toko-toko boardgame lokal tidak boleh dipesan. Jika boardgame yang diinginkan sudah tersedia di toko-toko boardgame lokal di Indo, sebaiknya dibeli di toko lokal karena biasanya lebih murah.

Boardgame yang melanggar hukum di Indonesia tidak boleh dibeli.

Pada dasarnya bisa memesan boardgame dari toko online mana saja di amrik, tapi mengingat adanya ongkos kirim lokal amrik dari tempat toko online ke tempat konsolidasi (di Florida) dan juga proses konsolidasi yang memakan waktu dan juga biaya, maka ditetapkan beberapa aturan sebagai berikut:
  • Panitia CS akan menentukan toko toko online yang menjadi pilihan dan akan mengupayakan pemesanan dari toko toko tersebut bisa gratis (atau hampir gratis) ongkir lokal amriknya, sehingga ongkir lokal amrik dapat ditekan semurah-murah nya
  • Panitia CS tidak melayani pesanan khusus dari toko tertentu di luar toko toko yang telah ditetapkan di atas.
  • Pemesanan dari toko online di Florida akan kena Sales Tax 7% (aturan pemerintah amrik) yang menjadi tanggungan Buyer sendiri

Apakah bisa membeli dari beberapa toko online sekaligus, atau hanya bisa dari satu toko aja?
Bisa membeli game dari beberapa toko sekaligus. Kami akan mengurus pemesanannya, dan nanti akan dikirim barengan ke Indo dalam satu shipment. Dengan demikian bisa lebih hemat ongkos kirim internasional nya.

Apakah boleh membeli game sendiri (transaksi online sendiri) lalu nebeng shipment ke Indo nya?
Hal ini tidak dapat dilakukan mengingat proses konsolidasi yang akan memakan waktu dan biaya. Semua pembelian game hanya melalui Panitia CS di toko toko online yang telah ditentukan.

Apakah dijamin akan mendapatkan boardgame dengan harga murah?
TENTU SAJA TIDAK! :nono:

Pengiriman CS ini menggunakan DHL Express International yang kita tahu menerapkan rate shipment yang tinggi. Tapi, dibandingkan dengan membeli dan mengirim sendiri dari Amrik menggunakan DHL Express, maka DIJAMIN akan lebih murah dengan program CS ini.

Dan tujuan utama dari program CS ini bukan untuk mendapatkan boardgame murah, tetapi mendapatkan boardgame dari Amrik dalam waktu relatif lebih singkat.

Bagaimana proses pembayaran untuk memesan/membeli game?
Pembeli harus membayar di muka (advance payment) 100% estimasi harga game, ongkos kirim, dan bea masuk, yang akan diberitahukan melalui thread khusus. Harap diperhatikan bahwa tidak mungkin Panitia bisa menentukan harga/biaya pastinya, karena sangat dipengaruhi oleh total jumlah barang yang dikirim ke Indo pada akhirnya dalam suatu shipment.

Jika jumlah yang telah dibayar kurang, Pembeli wajib melunasi sebelum/saat pengambilan barang. Dan jika jumlah yang dibayar lebih, uang kelebihan bayar akan di kembalikan. Detail perhitungan akan diberikan kepada tiap Pembeli apabila diminta. Kurs dollar yang digunakan, adalah kurs dollar yang tertera pada lembaran penagihan kartu kredit Panitia (credit card bill).

_________________
Say NO to Counterfeit, Fake, Pirated Boardgames! Buy Original!!

Image BGG Silver Boardgame Collector [Profile | Collection] - 287 titles
Adult Fans of LEGO [Set Collection] - 19 sets

Lapak Original Boardgames, Toys, Lego:
Image Image Image


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Consolidated Shipment - FAQ and Rules
PostPosted: Thu Dec 09, 2010 2:16 pm 
Offline
Forum Staff
Forum Staff
User avatar

Joined: Thu Sep 25, 2008 9:24 am
Posts: 3750
Location: Batam, Indonesia
Seputar Pengiriman

Kapan game yang saya pesan/beli akan tiba di Indo?
Proses Pemesanan, Pembayaran, dan Pengiriman ke Indo kira-kira sbb:
  • Pertama akan dibuka kesempatan selama 1 minggu untuk mengajukan daftar pesanan pada Panitia (game yang diinginkan).
  • Selanjutnya Panitia akan mengirim invoice besarnya dana yang harus dibayarkan dalam waktu 1 minggu.
  • Kemudian Panitia akan mulai memesan/order boardgame tersebut.
  • Pengiriman lokal dalam negeri Amrik dari toko online ke tempat konsolidasi diperkirakan memakan waktu 1-2 minggu.
  • Setelah semua barang tiba di tempat konsolidasi, akan dikirim bersamaan ke Indo menggunakan DHL Express International, dengan normal waktu pengiriman 1 minggu sudah tiba di Jakarta.
  • Jadi keseluruhan proses akan memakan waktu 4-5 minggu.

Apakah ada limit batasan pesanan dalam tiap pengiriman?
Tidak ada batasan pesanan perorangan, tapi secara keseluruhan untuk tiap batch CS, ditetapkan batasan min. 20kg dan max. 25kg. Jadi apabila pesanan telah mencapai 20kg, Panitia akan mulai memesan (order) game tersebut (dengan syarat sudah dibayar 100% dimuka berdasarkan harga estimasinya). Apabila ada tambahan pesanan selama masa ini, hanya sampai dengan total 25kg saja yang akan diterima oleh Panitia. Pesanan item selebihnya akan masuk dalam priority waiting list untuk batch CS berikutnya.

Pesanan yang belum dibayar 100% di muka, tidak akan di order oleh Panitia. Panitia tidak bertanggung jawab apabila karna keterlambatan pembayaran, menyebabkan item yang dipesan sudah diluar batas maksimum 25kg dan harus masuk ke priority waiting list batch CS berikutnya.


Bagaimana cara pengambilannya? Apakah bisa dikirim ke rumah?
  • Shipment CS ini akan tiba di Jakarta, tepatnya di daerah Green Garden.
  • Untuk Buyer lokal Jakarta, harap mengambil sendiri barangnya ke Panitia (bisa janjian untuk ketemuan pas meet-up)
  • Untuk Buyer luar kota, Panitia bisa membantu pengiriman barang menggunakan jasa pengiriman TIKI ke alamat Buyer. Akan dikenakan biaya Packing + Shipping sbb:
    - Biaya Packing untuk 1 item (game) = IDR 10,000
    - Biaya Packing untuk 2 item (game) = IDR 15,000
    - Biaya Packing untuk 3 item atau lebih = IDR 20,000
    - Biaya Shipping tergantung kota tujuan, sesuai dengan tarif TIKI

_________________
Say NO to Counterfeit, Fake, Pirated Boardgames! Buy Original!!

Image BGG Silver Boardgame Collector [Profile | Collection] - 287 titles
Adult Fans of LEGO [Set Collection] - 19 sets

Lapak Original Boardgames, Toys, Lego:
Image Image Image


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Consolidated Shipment - FAQ and Rules
PostPosted: Thu Dec 09, 2010 2:25 pm 
Offline
Forum Staff
Forum Staff
User avatar

Joined: Thu Sep 25, 2008 9:24 am
Posts: 3750
Location: Batam, Indonesia
Lost and Damage

Apakah ada resiko hilang / rusak dalam pengiriman?
YA, resiko pasti ada dan segala resiko tidak menjadi tanggung jawab Panitia, tetapi tanggung jawab bersama seluruh member CS ini.

Bagaimana jika shipment (the whole package) hilang dalam pengiriman ke Indo?
Pada saat pengiriman shipment dari amrik ke indo, kita juga membayar Insurance ke DHL, sehingga apabila shipment hilang, kita akan mendapat ganti rugi dari pihak DHL (melalui pihak konsolidasi di amrik). Besaran uang ganti rugi tiap item akan sekitar 25% lebih rendah dari nilai belinya (item cost), dan tidak termasuk biaya shipping international yang telah kita bayarkan. Dan baru akan diberikan ke tiap Buyer pada saat Panitia telah mendapatkannya dari pihak DHL (max. 2 bulan setelah claim "missing shipment" diterima)

Sebagai contoh apabila harga item yang dibeli Buyer adalah senilai $40, dan estimasi biaya kirim dari amrik ke indo nya sebesar $15 (belum termasuk Customs), maka ganti rugi yang diterima hanyalah sebesar $30. Sebagian nilai item sebesar $10 dan ongkir internasional sebesar $15 tidak dapat dikembalikan.

Bagaimana jika ada item yang hilang dalam shipment ke Indo?
Apabila ada satu atau beberapa item yang hilang dalam paket shipment dari amrik ke indo oleh pihak DHL, maka kita juga akan mengajukan claim "lost item" ke DHL melalui pihak konsolidasi di amrik. Sementara menunggu proses claim berjalan, sebagai bagian dari tanggung jawab bersama, akan diberikan uang pengganti dengan aturan sebagai berikut:
  • Semua item lain akan dikenakan charge sebesar 1% dari harga akhir nya (min. 1000 rupiah) untuk menjadi bagian uang pengganti item yang hilang.
  • Di masa yang akan datang apabila IBG sudah men-charge IBG fee sebesar 3%, maka IBG akan turut memberikan 1% untuk menjadi bagian uang pengganti item yang hilang.
  • Apabila proses claim telah selesai dan mendapat ganti rugi dari pihak DHL, maka uang ganti rugi dari DHL ini juga akan menjadi bagian dari uang ganti rugi untuk item yang hilang tersebut.

Tentu saja besarnya uang pengganti hanya sebesar item cost saja (ini seperti halnya Buyer dianggap tidak memesan item yang hilang tersebut). Jika ada kelebihan dana uang pengganti akan masuk ke kas IBG untuk keperluan serupa di masa depan.

Apabila item yang hilang lebih dari satu, maka total uang pengganti yang dikumpulkan dengan cara di atas akan dibagi secara proporsional uantuk tiap item yang hilang berdasarkan nilai beli tiap game nya.

Perkecualian untuk item-item yang memiliki ukuran kecil, yang memiliki potensi tercecer/hilang lebih besar, tidak mendapatkan uang pengganti sementara seperti di atas, tapi harus menunggu proses claim item hilang dan uang ganti rugi dari DHL. Item yang masuk kategori ini misalnya: kotak miniature kecil (isi 1-2 minis), cardgame kecil (mis: coloretto, saboteur), hugo tape, dan sejenisnya.

Saya dan si X memesan item yang sama, tapi satu copy hilang dalam shipment, siapa yang berhak dapat?
Akan diberlakukan First Order First Get ... jadi siapa yang put order duluan (lewat thread khusus CS) dia yang akan mendapatkan copy game tersebut, dimana untuk yang belakangan order, dianggap copy nya hilang dan mendapat uang pengganti seperti yang telah dijelaskan di atas.

Penting!! Order harus dilakukan lewat posting di thread khusus CS, bukan lewat email atau telpon, atau SMS ...

Bagaimana jika ada item yang rusak dalam shipment ke Indo?
Tergantung dari tingkat kerusakannya, Panitia akan menilai apakah perlu untuk mengajukan claim ke DHL. Sementara menunggu proses claim berjalan (apabila claim diajukan), Panitia akan menerapkan subsidi silang dengan aturan main sebagai berikut:
  • Untuk tiap item yang tidak damage, ditarik sumbangan sebesar 1% (min. 1000 rupiah) untuk mensubsidi item-item yang damage.
  • Total sumbangan terkumpul akan dibagikan secara proporsional dan berdasarkan hemat bijaksana Panitia dalam menilai kerusakan item yang ada (lebih rusak dapet lebih besar subsidinya).

Perlu dipahami bahwa potensi kerusakan item cukup tinggi yang dapat disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut:
  • Packing yang kurang baik. Panitia telah meminta pihak konsolidasi untuk mem-packing sebaik-baiknya dan membayar extra untuk tambahan sticker Fragile dan extra padding. Namun tetap saja packingan mereka tidaklah sebaik kalo kita-kita yang packing :D
  • Kesalahan handling dalam pengiriman. Well, kita tidak bisa mencegah hal ini terjadi ... dan tidak bisa mengaturnya ... :D
  • Pihak bea cukai yang "berhak" membuka setiap paket pengiriman yang ada. Kadang ini dilakukan dengan cara yang "tidak boardgame-wi", yang tidak menjunjung tinggi keutuhan kondisi boardgame koleksi kita.

Saya dan si AP memesan item yang sama, tapi satu copy rusak dalam shipment, bagaimana pembagiannya?
Dalam kasus ini Panitia akan memposting di thread khusus CS mengenai kondisi item yang damage dan perbedaan harganya (antara yang damage dan yang tidak damage). Buyer dipersilahkan untuk secepatnya mem-posting pilihannya lewat thread khusus CS tersebut.

Penting!! Pilihan harus dilakukan lewat posting di thread khusus CS, bukan lewat email atau telpon, atau SMS ...

Bagaimana jika item hilang/rusak dalam shipment lokal dari Jakarta ke alamat Buyer?
Untuk pengiriman lokal dalam negeri, menjadi tanggung jawab sepenuhnya dari Buyer itu sendiri. Panitia hanya mengupayakan untuk meminimalisasi potensi kehilangan atau kerusakan item yang dikirim. Tentu saja Panitia sebagai si Pengirim item akan membatu proses claim ke pihak/agen pengiriman barang.

_________________
Say NO to Counterfeit, Fake, Pirated Boardgames! Buy Original!!

Image BGG Silver Boardgame Collector [Profile | Collection] - 287 titles
Adult Fans of LEGO [Set Collection] - 19 sets

Lapak Original Boardgames, Toys, Lego:
Image Image Image


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Consolidated Shipment - FAQ and Rules
PostPosted: Thu Dec 09, 2010 2:33 pm 
Offline
Forum Staff
Forum Staff
User avatar

Joined: Thu Sep 25, 2008 9:24 am
Posts: 3750
Location: Batam, Indonesia
-Reserved-

_________________
Say NO to Counterfeit, Fake, Pirated Boardgames! Buy Original!!

Image BGG Silver Boardgame Collector [Profile | Collection] - 287 titles
Adult Fans of LEGO [Set Collection] - 19 sets

Lapak Original Boardgames, Toys, Lego:
Image Image Image


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Consolidated Shipment - FAQ and Rules
PostPosted: Thu Dec 09, 2010 3:28 pm 
Offline
Forum Staff
Forum Staff
User avatar

Joined: Thu Sep 25, 2008 9:24 am
Posts: 3750
Location: Batam, Indonesia
Saya ada pertanyaan lain, di mana saya bisa bertanya?

Silahkan ajukan pertanyaan melalui thread Consolidated Shipment - Brain Storming

_________________
Say NO to Counterfeit, Fake, Pirated Boardgames! Buy Original!!

Image BGG Silver Boardgame Collector [Profile | Collection] - 287 titles
Adult Fans of LEGO [Set Collection] - 19 sets

Lapak Original Boardgames, Toys, Lego:
Image Image Image


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Consolidated Shipment - FAQ and Rules
PostPosted: Fri Aug 05, 2011 1:42 pm 
Offline
Forum Staff
Forum Staff
User avatar

Joined: Thu Sep 25, 2008 9:24 am
Posts: 3750
Location: Batam, Indonesia
-THE END-

Tengkiu for reading up to this point :hormat:

_________________
Say NO to Counterfeit, Fake, Pirated Boardgames! Buy Original!!

Image BGG Silver Boardgame Collector [Profile | Collection] - 287 titles
Adult Fans of LEGO [Set Collection] - 19 sets

Lapak Original Boardgames, Toys, Lego:
Image Image Image


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Consolidated Shipment - FAQ and Rules
PostPosted: Thu Aug 11, 2011 2:54 pm 
Offline
Forum Staff
Forum Staff
User avatar

Joined: Thu Sep 25, 2008 9:24 am
Posts: 3750
Location: Batam, Indonesia
UPDATED RULES!!
Lost and Damage

_________________
Say NO to Counterfeit, Fake, Pirated Boardgames! Buy Original!!

Image BGG Silver Boardgame Collector [Profile | Collection] - 287 titles
Adult Fans of LEGO [Set Collection] - 19 sets

Lapak Original Boardgames, Toys, Lego:
Image Image Image


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic This topic is locked, you cannot edit posts or make further replies.  [ 9 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 7 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Jump to:  
cron
Powered by phpBB © 2000, 2002, 2005, 2007 phpBB Group
Template made by TBF Photoshop Forum